Kamis, 17 Januari 2013

Tempat Wisata di Bali


Tempat Wisata di Bali

1. Desa Celuk   adalah desa yang terletak di sukawati, disana banyak terdapat para pengerajin perak yang sudah berpengalaman selama berpuluh-puluh tahun, mereka bekerja secara profesional, masing-masing pengerajin memiliki ciri khas kerajainan yang tentu mempunyai nilai seni yang tinggi, hasil kerajinan ada yang di jual lokal dan banyak juga yang sudah di expor keluar negeri 
2. Desa Mas  adalah salah satu desa pusat kerajinan ukir kayu yang sudah terkenal, Desa mas berada di Ubud gianyar, disana banyak berkumpulnya para pengerajin ukiran kayu yang masing-masing memiliki ciri ukiran yang berbeda ada yang berupa ukiran orang atau patung maupun ornamen dan masih banyak lagi yang lainnya, desa Mas merupakan salah satu desa kawasan seni yang ada di gianyar
3. Kertha Gosa Adalah salah satu bangunan kerajaan dengan seni arsitektur Bali, dulu tempat ini dijadikan sebagai tempat untuk bertemunya para petinggi kerajaan, bangunanya sangat alami, dikelilingi kolam ikan dan pemandangan yang sangat indah, dan yang paling ingin orang lihat adalah setiap bangunan memiliki langit-langit yang berlukiskan tokoh dan kisah wayang 
4. Bukit Jambul terletak di desa pesaban kecamatan Rendang karangasem, sekitar 51 km dari Denpasar. Bukit Jambul adalah tempat yang komplit dengan pemandangan tebing bukit, sawah yang hijau dan pemandangan laut dari ketinggian, dan udara yang masih alami, sungguh pemandangan yang alami, ini merupakan salah satu jalur wisata religi di Bali
5. Pura Besakih adalah Pura Ibu atau pura terbesar di Bali sebagai  tempat pemujaan untuk Umat Hindu di Bali, pura Besakih disebut juga Pura Penataran Agung, disana terdapat sub-sub pura dari berbagai keturuanan umat hindu di Bali, di Pura inilah tempat berkumpulnya Umat Hindu terhubung antara umat hindu, umat hindu dengan lingkungan dan umat dengan Tuhannya atau disebut dengan Tri Hita Karana, yang menimbulakan getaran yang positif.

6. Goa Gajah adalah Salah satu tempat wisata yang memiliki situs prasejarah yang ada di Bali, tempat ini dikelilingi oleh hamparan sawah yang hijau dan sungai Petanu yang tenang, Goa Gajah banyak di kunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal, mereka datang kesini untuk sekedar melihat-lihat, ibadah atau mencari getaran magis bagi beberapa orang. Dalam sehari Goa Gajah banyak sekali di kunjungi, karna tempatnya yang sangat strategis yaitu di jalan utama Ubud ke kintamani.
7. Ubud Monkey Forest  adalah salah satu hutan tropis kecil yang ada di Bali, disana ada banyak sekali monyet yang sudah lama hidup disana, berdasarkan kepercayaan penduduk lokal monyet-monyet itu ternyata menjaga hutan dan segala isinya agar tetap terjaga dan tidak di rusak, disana ada pura yang terdapat di salah satu sudut hutan yang di kelilingi oleh pohon-pohon besar. Tempat ini sangat mudah di cari karan berada tepat di pusat Ubud.
8. Petak Sawah Tegalalang  berlokasi di sebelah selatan ubud, di pusat jalan antara Kintamani dan Ubud. di sana anda bisa menikmati pemandangan sawah yang bagus, apa lagi satu bulan  setelah habis menanam padi, pemandangan terlihat sangat hijau dan ada juga beberapa pohon kelapa dan ada sungai kecil yang mengalir disana. Selain itu ada juga yang menjual kerajinan seperti patung, pernak-pernik dan lain-lain dalam bentuk yang bermacam-macam.
9. Pura Taman Ayun,  berada di Mengwi sekitar 45  menit dari Kota Denpasar.  BangunanPura ini di disain dengan seni arsitektur Bali, ada juga yang memiliki tipe bangunan yang unik dengan sepuluh cerita tentang masing-masing bangunan. Taman Ayun di bangun diatas tanah yang luas dan datar, dan di kelilingi oleh kolam ikan yang besar sehingga bangunan tampak berada di atas air.
10. Alas Kedaton adalah hutan kecil yang berada di tengah-tengah areal persawahan dan di huni oleh sekumpulan monyet. Hutan ini sangat bagus untuk habitat hewan liar seperti monyet, kelelawar dan burung. Di tengah hutan terdapat pura yang di puja oleh umat Hindu lokal yang ada disana, dan menurut cerita lokal disana, pura ini juga di jaga oleh monyet-monyet tersebut.
11. Pura Tanah Lot adalah Pura Hindu yang terletak diatas batu karang yang kuat dan berada seperti di tengah laut saat air laut pasang, Pura ini sangat indah terutama saat terlihat matahari terbenam. Kita dapat melihat pura ini dari beberapa tempat dengan pemandangan spektakuler dari laut dan matahari terbenam. Kita akan menemukan Pura seperti melayang di air laut ketika air pasang,  karena Pura ini akan dikelilingi oleh air laut.
12. Pantai Jimbaran Pasir putih dan ombak yang tenang angin sepoi-sepoi membuat kita akan betah disni dan mungkin akan membuat mata ngantuk, disni juga kita bisa menikmati makan malam dengan menu masakan laut, ada juga pengamen profesional dan anda juga bisa request lagu, jika anda tiba disini sekitar pukul 18.00 anda bisa menikmati indahnya pemandangan matahari tenggelam.
13. Pantai Dreamland adalah salah satu pantai yang paling indah di Bali. Pantai ini terletak di Semenanjung selatan Bali, sebelah selatan Bandara Internasional Nurah Rai dan sekitar 30 menit dari Kuta Center. Pantai Dreamland juga dikenal sebagai New Kuta Beach tapi jangan tertipu oleh nama, pantai ini jauh berada di tempat yang tidak begitu ramai dan jauh dari kebisingan.
14. Pura Uluwatu merupakan salah satu Pura Hindu Bali yang terletak tepat di bukit Ungasan dengan jurang yang ada di sisi kanan dan kiri. Pura Uluwatu adalah salah satu Sad Khayangan (6 pura terbesar di Bali) memiliki pemandangan indah dari Samudera Hindia dan matahari terbenam sebagai latar belakang. Candi ini sangat luar biasa di mana lokasinya berada tepat di semenanjung sempit dengan laut yang dalam di bawahnya, disni juga da beberapa kawanan monyet
15. Kintamani adalah nama desa yang terletak di bukit dan panorama yang indah sekitarnya. Kita dapat melihat panorama yang indah dari Kintamani seperti pemandangan gunung berapi aktif, Gunung Batur dan Danau Batur yang luas di sebuah lembah.  Kintamani terletak di daerah dataran tinggi dengan cuaca dingin sekitarnya. Ketika kita berdiri di Kintamani, kita akan dapat melihat area pedesaan yang dekat dengan danau.
16. Pura Ulun Danu  terletak di tepi barat Danau Bratan di Dataran Tinggi Bedugul pada ketinggian 1239m, adalah salah satu Pura yang paling indah dan paling banyak difoto di Bali. Pura Ulun Danu berada di dalam kaldera gunung berapi Gunung Catur sekarang punah. Ini adalah salah satu sumber utama irigasi di dataran tinggi Bali, dan Pura yang didedikasikan untuk Dewi Danu, dewi danau.
17. Jatiluwih adalah nama dari sisi wilayah yang terletak di daerah dataran tinggi dengan gunung sebagai latar belakang. tempat ini  memiliki panorama yang sangat indah dari teras padi berlangsung dari kaki gunung ke laut. Atmosfer dingin mengelilingi daerah Jatiluwih dengan irigasi air yang baik yang membuat desa ini sebagai desa ideal untuk pengembangan pertanian.
18. Goa Lawah adalah sebuah gua tempat suci di mana ribuan kelelawar yang memiliki sarang di dalam gua ini. Ada Pura besar yang digunakan oleh umat Hindu Bali sebagai tempat untuk beribadah kepada dewa. Pura ini merupakan salah satu Pura terbesar di Bali dan lokasinya yang strategis di samping jalan utama dari Denpasar ke Candidasa. Di sepanjang jalan terlihat hamparan laut biru dengan pasir hitam di sepanjang pesisir pantai.
19. Desa Tenganan Ini adalah salah satu desa kuno di Bali dimana masyarakat hidupnya berbeda dari desa lain yang ada di Pulau Bali. Masyarakat Desa Tenganan sangat menjaga kegiatan unik dan aturan adat yang merupakan salah satu ketertarikan bagi wisatawan untuk dikunjungi. Disini ada tempat penguburan tanpa di kubur, melainkan di taruh didatas tanah didekat pohon besar yang namanya Tarumenyan dan anehnya mayat itu tidak mengeluarkan bau busuk karna dihispa oleh pohon besar tersebut, dan masih banyak lagi yang bisa di lihat disini.
20. Tirta Gangga adalah sebuah taman indah dengan air mancur dan kolam ikan mengelilingi daerah ini. Taman ini dibangun oleh Raja Karangasem untuk bersantai dengan keluarga mereka. Taman ini digunakan oleh keluarga kerajaan untuk tempat mandi dan sekarang telah diatur rapi dan mempesona. Ada sumber air besar dan bersih yang mengalir ke dalam saluran dan menuju ke menara untuk membuat air mancur.
21. GWK (Garuda Wisnu Kencana) Berbagai keunikan dan keindahan terdapat di Bali baik di lihat dari sejarah, tradisi, adat budaya, kesenian dan panorama objek wisata. Sekian banyak objek wisata di pulau Dewata salah satunya adalah Garuda Wisnu Kencana disingkat (GWK). Taman budaya Garuda Wisnu Kencana ini berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut, di daerah perbukitan batu kapur dan cadas, tepatnya atas bukit Pecatu Nusa Dua, Kabupaten Badung kira kira 40 kilometer sebelah selatan kota Denpasar Bali, kira-kira 30 menit perjalanan dari Bandara ngurah Rai bila menggunakan kendaraan bermotor.
22. Istana Tampak Siring Negara Republik Indonesia memiliki lima Istana Kepresidenan, dimana dari kelima istana tersebut empat diantaranya merupakan bangunan yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda yaitu: Istana Merdeka Jakarta, Istana Bogor, Istana Cipanas dan Gedung Agung Yogyakarta, sedangkan Istana Tampaksiring adalah istana kelima yang dibangun setelah Indonesia Merdeka.
23. Jembatan Tukad Bangkung Pulau Bali merupakan surga dunia bagi para wisatawan. Bali memiliki berbagai objek wisata menarik dan menawan, sehingga tidak jarang para wisatawan yang pernah berkunjung ke pulau dewata ini ingin datang kembali. Dari sekian banyak objek wisata di Bali salah satunya adalah Jembatan tukad Bangkung terletak di Desa Pelaga, kecamatan Petang, Kabupaten Badung.
24. Jemeluk & Amed Jemeluk dan Amed terletak di kawasan pantai desa Purwakerti yang termasuk wilayah kecamatan Abang, kabupaten Karangasem. Untuk menuju kawasan pantai ini menempuh waktu lebih kurang 120 menit atau berjarak sekitar 101 km ke arah timur laut dari ibukota Denpasar. Bilamana dari Amlapura, ibukota kabupaten Karangasem hanya berjarak kurang lebih 20 km.
25. Bali Zoo Seperti kita ketahui bahwa kebun binatang selalu ada di tiap propinsi di Indonesia, termasuk di Pulau Seribu Pura yaitu Bali. Kebun binatang Bali atau dengan nama lain Bali Zoo, terletak di Jalan Raya Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar. Kebun binatang Bali adalah objek wisata pendidikan alam yang pertama dan satu-satunya di Bali, serta merupakan tempat perlindungan atau konservasi bagi binatang-binatang terbaik dan langka di Indonesia maupun dari negara-negara lain.
26. Pantai Lovina merupakan obyek wisata pantai yang paling terkenal di Bali bagian utara. Kawasan wisata pantai ini meliputi dari beberapa desa antara lain desa Pemaron, desa Tukadmungga, desa Anturan dan desa Kalibukbuk yang termasuk wilayah kecamatan Buleleng. Sedangkan desa Kaliasem dan desa Temukus termasuk wilayah kecamatan Banjar.
27. Monumen Bajra Sandhi Monumen Perjuangan Rakyat Bali berada di pusat ibukota Denpasar di kawasan Renon, sebelah timur dari Lapangan Puputan Badung. Monumen ini dikenal juga dengan sebutan Bajra Sandhi karena bentuknya yang menyerupai bajra yaitu genta dan sandhi yang berarti suci. Disana juga dekat dengan kantor-kantor pemerintahan kota Denpasar
28. Sangeh adalah salah satu obyek wisata kera yang terkenal di Bali yang berlokasi di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung dan berjarak sekitar 50 km atau memakan waktu lebih kurang 45 menit dari ibukota Denpasar. Selain obyek wisata, Sangeh juga merupakan kawasan hutan lindung yang luas areanya sekitar 14 hektar dan sebagian besar ditumbuhi dengan pohon-pohon pala (dipterrocarpustrinervis) setinggi lebih kurang 50 meter serta dihuni oleh sekitar 700 hewan kera abu-abu (macaca faciculais).
29. Tulamben merupakan salah satu obyek wisata yang menjadikan Bali terkenal dengan wisata bawah lautnya. Tulamben adalah tempat menyelam yang terkenal karena selain pemandangan bawah laut seperti karang dan ikan, juga terdapat bangkai kapal yang tenggelam (wreck point). Tulamben adalah obyek wisata yang berada di desa Tulamben, termasuk kecamatan Kubu, kabupaten Karangasem dan berjarak sekitar 200 km ke arah timur laut dari Denpasar atau berjarak kira-kira 60 km dari Amlapura, ibukota kabupaten Karangasem. Pada bagian sebelah timur Tulamben adalah selat Lombok yang dijadikan tempat menyelam dan di bagian barat terdapat gunung Agung.
30. Bedugul Kawasan wisata Bedugul terletak di antara perbatasan Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Buleleng. Dari ibukota Denpasar menuju lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu lebih kurang dua jam atau berjarak sekitar 90 km mengikuti jalan raya Denpasar menuju arah Singaraja, dengan kondisi jalan yang menanjak. Bilamana sudah mendekati Bedugul atau memasuki desa Pacung, kecamatan Baturiti, maka udara akan semakin dingin dan kadang-kadang berkabut serta seringkali turun hujan, karena kawasan ini berada pada ketinggian antara 1.250 – 1.400 meter di atas permukaan laut.
31. Bali Nusa Dua Theater suatu tempat  hiburan paling bergengsi yang menampilkan atraksi seni yang megah serta merupakan kolaborasi antara kesenian tradisional Bali dengan kesenian dari propinsi-propinsi lain di Indonesia. Bali Nusa Dua Theater ini tepatnya terletak di kawasan BTDC Nusa Dua Bali. Berdekatan dengan hotel-hotel bintang lima serta pusat perbelanjaan Sogo yang terkenal dengan aneka jenis produk berkelas international.
padang-padang32. Pantai padang – padang adalah salah satu objek wisata yang mudah dikunjungi oleh siapa saja, karena letaknya yang tepat di sebalah jalan raya. Mobil, motor, semua kendaraan bisa berlalu-lalang. Tak jarang, setiap ada momen besar, Pantai Padang menjadi tempat yang semarak dan ramai karena banyaknya warga yang berjalan-jalan. Sembari kita berkendaraan, kita bisa melihat indahnya pemandangan laut di sana. Ombak yang bergulung-gulung, bebatuan sebagai pemecah ombak, serta langit yang menawan.
Pantai Kuta33. Pantai Kuta Menyaksikan matahari terbenam di pantai kuta adalah hal yang tidak akan terlupakan, oleh karena itu pantai kuta sering disebut dengan pantai matahari terbenam, karena akan menampilkan pesona yang luar biasa ketika sore dan malam hari, pantai kuta bali sudah terkenal sampai ke mancanegara, keindahan yang luar biasa menjadi faktor penarik wisatawan luar negeri untuk berkunjung ke Bali.  Pantai kuta terletak di kabupaten badung, tepatnya selatan Denpasar.
34. Pantai Bali Cliff Kalau selama ini Anda cuma familiar dan hanya mengunjungi tempat wisata seperti Sanur, Kuta dan lainnya selama mengunjungi Bali, alangkah baiknya untuk mencari suasana wisata yang lain. Salah satu tempat yang tak kalah menarik dan indahnya, namun belum banyak diketahui para wisatawan ialah Bali Cliff. Apa itu Bali Cliff?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes